Rizqi Official

Rizqi Official

Gunakanlah Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis

Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi negara Indonesia dan merupakan bahasa pemersatu bangsa Indonesia. Bahasa ini digunakan oleh masyarakat diseluruh penjuru tanah air dari Sabang sampai Mereuke. Dengan adanya bahasa tersebut, itu bisa mempersatukan antar sesama warga masyarakat dimanapun kita berada terutama yang tinggal di Indonesia.

Diakui atau tidak, Bahasa Indonesia menyerap berbagai bahasa. Antara lain dari Bahasa Arab, Inggris, Belanda, Jawa, Sunda, dan masih banyak lagi. Dan sampai saat inipun masih terus menyerap dari bahasa yang lain, hingga muncul istilah kata serapan dalam Bahasa Indonesia.

Tidak hanya Bahasa Indonesia saja, semua bahasa biasanya terdapat berbedaan yang signifikan antara bahasa tulisan dan bahasa lisan. Namun, kita sering kali mencampuradukkan kedua bahasa tersebut. Nampak dari berbagai artikel dari para webmaster Indonesia masih menggunakan bahasa Indonesia tidak baku.

gunakan bahasa indonesia yang baku

Memang, untuk menulis di sebuah blog tidak ada aturan tata tulis harus sesuai dengan Bahasa Indonesia baku. Tapi alangkah baiknya apabila menggunakan bahasa baku dalam penulisan. Tujuannya supaya tulisan kita bisa dibaca dan dipahami dengan mudah. Jangan campuradukkan bahasa lisan dengan bahasa tulisan. Ingat! tulisan anda itu mencerminkan kapabilitas anda. Apa yang anda tulis itu adalah kemampuan anda dalam menyampaikan komunikasi lewat tulisan.

Meskipun ilmu dan pengetahuan anda tinggi, tapi dalam berkomunikasi lewat tulisan itu tidak bagus, maka kredibilitas anda akan diragukan. Oleh karena itu, belajarlah menulis yang baik.
Kita pasti ingat betul bahwa mata pelajaran Bahasa Indonesia diajarkan oleh bapak/ibu guru kita dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Hal itu semata-mata agar supaya kita bisa Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Memang skill menulis yang baik itu tidak dimiliki oleh setiap orang. Hanya merekalah yang mau belajar dan berlatih secara intensif yang akan menyandang predikat tersebut. Oleh karena itu, mari kita budayakan membaca. Dengan membaca, maka kita akan mendapat banyak wawasan dan tentu akan memperbanyak kosa kata yang ada dalam memori kita. Dari situlah kita mulai membiasakan diri untuk menulis dengan baik.
Mari gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis artikel di blog kita masing-masing. Tidak terbatas pada tulisan artikel posting saja, melainkan juga pada kolom komentar dan juga apa saja yang akan kita tulis itu hendaknya membiasakan diri menggunakan bahasa baku.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan yang berupa himbauan untuk mengajak teman-teman blogger diseluruh nusantara untuk selalu menggunakan dan membiasakan diri menulis sesuai dengan Tata Bahasa Indonesia. Terimakasih banyak atas perhatiannya. Baca Juga Tips Menulis Artikel Bermutu Tinggi.

1 Response to "Gunakanlah Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menulis"

Hapus

Catatan:
• Dilarang menulis link aktif!
• Dilarang ngiklan di kolom komentar!
• Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan tag <i rel="code"> ... KODE ... </i>
• Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
• Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">.. TEKS ... </b>
• Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Sebelum menyisipkan kode silahkan gunakan Tool Konversi Kode terlebih dahulu untuk menampilkan kode tersebut pada kolom komentar

Emoticon