Pengertian Tag Nofollow
Pengertian Nofollow - Pengertian apa itu NoFollow tag? rel='nofollow' attribute atau Tag Nofollow adalah tag HTML yang memberitahukan mesin pencari (search engine) untuk memotong link selama pengindeksan.Dengan kata lain, mesin pencari seperti Google, Yahoo! dan MSN merayapi (crawling) web secara berkala untuk mencari dan mengindeks halaman baru yang akan dimasukkan di dalam hasil pencarian kata kunci (keyword search result). Setiap link pada halaman web akan diikuti (follow) selama proses pengideksan. Halaman yang diikuti dengan link masuk yang banyak dan relevan akan diranking lebih tinggi di dalam pencarian dari pada halaman yang mempunyai link masuk yang sedikit. Jika anda ingin links yang ada di blog anda tidak di indeks oleh mesin pencari gunakanlah NoFollow tag. Penggunaan tag NoFollow menjadi sangat populer selama beberapa tahun terakhir ini dikarenakan dari beberapa faktor seperti iklan teks link yang berbayar, spammers yang mencoba untuk meningkatkan jumlah links masuk ke situs mereka dengan melakukan spam pada komentar, dan sebagainya
Bagaimanakah rel='nofollow' atribut bekerja?
Ketika mesin pencari (search engine spider) datang ke sebuah halaman web, respond standar adalah untuk mengindeks halaman dan mengikuti semua links yang ada di halaman tetapi ketika search engine spider melihat links beratribut nofollow maka dia akan bekerja sebagai berikut:- Tidak akan mengikuti/follow link ke situs baru
- Tidak memasukkan link teks di dalam nilai relevansi untuk kata kunci
- Tidak menghitung link ke skor popularitasnya di peringkat mesin pencari
Facebook - <a href='http://www.facebook.com' rel='nofollow'>Facebook</a>
Html tag nofollow diatas adalah sebuah perintah agar supaya search engine tidak mem-follow link ke Facebook dan otomatis search engine tidak akan mengindeks halaman Facebook tersebut. Search engine tidak akan menghukum (penalty) situs atau blog anda jika di halaman situs anda memiliki link nofollow, jangan berfikir bahwa memakai nofollow adalah buruk atau spam, penggunaan link nofollow mengindikasikan search engine bahwa link tersebut bukan milik anda atau bukan untuk di follow
Dimanakah seharusnya rel='nofollow' di tempatkan?
Sebagian besar search engine menyarankan kita untuk menempatkan tag nofollow pada link yang berasal dari sumber yang tidak dapat anda jamin/tidak anda ketahui seperti:- Komentar
- Forums
- User generated content
Link Sculpting menggunakan tag NoFollow
Link Sculpting adalah salah satu teknik SEO dimana anda bisa memilih halaman yang anda prioritaskan agar mempunyai pagerank yang lebih tinggi dengan menaruh link dofollow dan menaruh rel='nofollow' pada link halaman yang tidak diprioritaskan (seperti: link login, link registrasi,dll)Sekian dari saya, semoga bermanfaat.
Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel mengenai Pengertian Tag Nofollow yang diposting oleh Rizqi Fadhillah pada hari Jumat, 09 Mei 2014. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web broswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.
Suka artikel ini? Bagikan :
0 Response to "Pengertian Tag Nofollow"
Catatan:
• Dilarang menulis link aktif!
• Dilarang ngiklan di kolom komentar!
• Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan tag <i rel="code"> ... KODE ... </i>
• Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
• Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">.. TEKS ... </b>
• Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>
Sebelum menyisipkan kode silahkan gunakan Tool Konversi Kode terlebih dahulu untuk menampilkan kode tersebut pada kolom komentar
Emoticon